Thursday 29 December 2016

CARA SERVICE VCD & DVD

          CARA SERVICE VCD & DVD

      pada post sya kali ini ingin beragi tentang cara saya memperbaiki VCD & DVD. sebelum itu akan saya bahas dulu isi bagian blok blok dari DVD/ VCD tersebut.

regulator 1.blok
fungsinya untuk mengecilkan arus dari PLN yg 220vac menjadi arus 5v & 12vdc.
kerusakan di blok ini DVD akan MATOT.

2.blok EMPEG
funsinya sangat banyak karena blok ini adalah inti mesin DVD.
kerusakan di blok ini DVD akan tidak normal/ cacat suara/ cacat gambar, dll

3.blok MEKANIK & OPTIC
fungsinya untuk open close/ starting OPTIC
kerusakan diblok ini DVD akan cacat open close/ cacat star/ NO DISC.

4.blok disply
fungsinya untuk control layar & sensor remot + tempat tombol
kerusakan di blok ini DVD akan tidak ada control/ tidak bisa diremot/ cacat tombol

  dibawah ini adalah macam macam kerusakan DVD yg pernah saya temui;


  1.   DVD mati total, kerusakan  pada blok REGnya dan setelah di cek ternyanyata ternyata setelah saya cabut REGnya tegangan 300v yg ada di elko 400v masih tetap gk mau down, kerusakan seperti itu biasanya resistor 100k-1m ( yg nilainya paling besar) rusak. setelah saya ganti langsung ok. klo di elko 400vnya gak ada tegangan, coba cek sekring klo putus ada yng short, bisa di dioda, bisa juga di TR/IC regulatornya.
  2.  DVD hanya bisa baca kaset VCD, kerusakan  terersebut bisanya hal yang pertama saya lakukan adalah mencoba dengan optic lain, klo masih tetap saya langsung ganti flexibelnya dengan yang baru, klo masih tetap juga, langsung saya pakai mpeg lainya, dari pengalaman saya keruakan seperti diatas 90% di optic, 2% di flexibel, 7%di mpeg, dan 1% di lainya.
  3.  DVD gk mau play/ NO DISK, kerurakan tersebut biasa saya lihat opticnya nyala apa tidak? klo nyala langsung cek motor penggerak kaset, klo normal juga, langsung pengecekan seperti yg hanya bisa baca kaset vcd. kerusakan biasanya; 35% di optic, 25% di motor penggerak kaset, 25% di empeg, 10% di flexibel, 5% di reg karena tgangan gk stabil.
  4.  DVD klo di OPEN  setelah buka langsung CLOSE kembali, kerusakan tersebut diatas biasanya ada yang short dibagian close/in dari pengalaman saya 50% short di bagian mekanik, dan 50% di bagian mpeg. beda lagi klo yang short di bag tombol open/close akan mengakibatkan pada DVD open sendiri terus close sendiri.
  5.  DVD gambar gak ada SUARANYA,, kerusakan tersebut diatas biasanya keruakan pada mater audionya di bag EMPEG biasanya menggunakan IC 4558 kaki 8. atau juga bisa pada vol -00/ mute/ juga bisa pada IC EMPEGnya yang sudah tidak normal, bisanya klo rusak di bagian ini IC EMPRGnya klo di pegang terlalu panas dan menyengat.


sekian dulu  dan trims..................

0 comments:

Post a Comment